Kilas Sejarah Aspikom

Tahun 2017, Asosiasi Pendidikan Tinggi Ilmu Komunikasi (ASPIKOM) memasuki usia ke-10. Sebuah perjalanan yang panjang untuk menghimpun para pengelola pendidikan tinggi Ilmu Komunikasi, baik di tingkat Program Studi, Jurusan maupun Fakultas di seluruh Indonesia. Sejak berdiri, ASPIKOM berusaha untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan tinggi Ilmu Komunikasi yang ada di negeri ini. Ada banyak upaya yang dilakukan meliputi pengembangan aspek  pendidikan/pengajaran & kurikulum, peningkatan kapasitas SDM dosen dan jejaring terutama: program studi (sarjana), FIKOM dan sampai pengelola program diploma dan pascasarjana. ASPIKOM mempunyai kualifikasi untuk menyusun konsep perjalanan kemandirian sarjana ilmu komunikasi, konsep yang disusun baik tentang kurikulum mata kuliah, membina mahasiswa untuk mencapai Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI), pengalaman kerja mahasiswa dan hal-hal lain yang dianggap untuk meningkatkan Sumber Daya manusia (SDM) mahasiswa.

Selama sepuluh tahun berjalan, setiap tahun ASPIKOM selalu mengadakan pertemuan ilmiah, termasuk di dalamnya adalah upaya meningkatkan keterlibatan kolega dosen untuk produktif menghasilkan perkembangan terkini mengenai ilmu komunikasi dan aspek terapannya. Kegiatan yang dilakukan ini telah menghasilkan lebih dari 25 buku kumpulan tulisan, serta artikel-artikel ilmiah yang tersaji dalam jurnal komunikasi ASPIKOM yang sudah terakreditasi. ASPIKOM memiliki visi untuk mewujudkan kemitraan antar pengelola program studi yang professional dan bertanggung jawab dalam mencapai pendidikan Komunikasi di Indonesia yang berkualitas. Misi ASPIKOM adalah untuk memetakan lembaga pendidikan tinggi ilmu Komunikasi Indonesia. Merumuskan standar kompetensi dosen, kurikulum inti, sarana dan prasarana di lembaga pendidikan tinggi ilmu Komunikasi. Membangun jaringan yang dinamis antar anggota untuk mendorong anggota memberikan kontribusi. Mendorong peningkatan kualitas pengajaran program studi ilmu Komunikasi. Mendorong peningkatan kompetensi dosen minimal sesuai standar kompetensi pada ilmu Komunikasi. Mendorong peningkatan kualitas standar pengelola penyelenggara pendidikan tinggi ilmu Komunikasi.

Berdasarkan visi dan misi ASPIKOM ini, maka untuk memperkuat kerjasama antara
para pengelola pendidikan tinggi Ilmu Komunikasi di Indonesia, serta mengenang kembali 10 tahun perjalanan ASPIKOM, ASPIKOM akan mengadakan Lustrum I. Lustrum ini akan diadakan di Salatiga, dengan tujuan untuk mengenang kembali lahirnya ASPIKOM diSalatiga.

Leave a comment

Website Powered by WordPress.com.

Up ↑